Lewati ke konten utama
Bosch di Indonesia
Keberlanjutan, nilai-nilai, dan komplians

Tangung jawab kami

Dengan bertindak dengan cara yang bertanggung jawab secara ekonomi, lingkungan, dan sosial, kami ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menjaga mata pencaharian generasi sekarang dan mendatang. Kami bertujuan untuk membuat energi terbarukan lebih terjangkau dan mobilitas yang lebih aman, bersih dan ekonomis, juga untuk mengembangkan produk yang ramah lingkungan secara menyeluruh.

Strategi yang jelas untuk keberlanjutan yang lebih besar

Strategi keberlanjutan Bosch didasarkan pada tujuan konkret di semua area fokus. Kami telah bertahun-tahun secara konsisten bekerja untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Grafik visi target keberlanjutan Bosch: Enam dimensi visi target disusun dalam segi enam. Dimensi aksi iklim mencakup topik mengurangi emisi CO₂ dan “efisiensi energi dan energi terbarukan“. Dimensi air mencakup topik “kelangkaan air“” dan “kualitas air”. Dimensi ekonomi sirkular mencakup topik “efisiensi material” dan “kehidupan kedua”. Dimensi keragaman mencakup topik “kesetaraan” dan “inklusi”. Dimensi HAM meliputi isu “tanggung jawab” dan “transparansi”. Dimensi kesehatan mencakup topik “keselamatan kerja” dan “zat yang menjadi perhatian”. Di tengah segi enam tertulis “Dimensi Baru — Keberlanjutan 2025”.
Visi target “Dimensi Baru — Keberlanjutan 2025.”

Keberlanjutan sering didefinisikan sebagai keseimbangan aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial. Pada saat yang sama, keberlanjutan telah menjadi konsep mapan di pasar modal dengan singkatan ESG (environment, social, governance). Pemahaman komprehensif kami tentang keberlanjutan menggabungkan kedua pendekatan ini. Hal ini membentuk manajemen keberlanjutan kami, memberikan orientasi yang jelas di semua tingkatan, dan memastikan bahwa tindakan kami efektif. Oleh karena itu, dengan bertindak secara bertanggung jawab dalam hal ekonomi, lingkungan dan sosial, kami ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menjaga mata pencaharian generasi sekarang dan mendatang.

Visi target “Dimensi Baru — Keberlanjutan 2025” kami menerjemahkan ambisi ini ke dalam istilah yang konkret. Berasal dari megatren yang mempengaruhi perusahaan kami dan temuan analisis materialitas kami, tujuan ini menetapkan kerangka untuk kegiatan kami di tahun-tahun mendatang.

Fakta dan angka

Terbuka dan jujur, komprehensif dan transparan — itulah tolok ukur pelaporan keberlanjutan kami. Bagaimanapun, kami ingin menjadi mitra dalam masyarakat yang tidak hanya bertanggung jawab, tetapi juga dapat dipercaya.

Laporan keberlanjutan Bosch

Laporan keberlanjutan saat ini

Dengan buku fakta tahunan kami, kami membuat tindakan kami transparan — secara komprehensif dan sebanding, sesuai dengan pedoman Inisiatif Pelaporan Global.

Nilai-nilai kami - apa yang kami bangun

Nilai-nilai kami mencerminkan cara kami menjalankan bisnis: etika profesional kami dalam berhubungan dengan mitra bisnis, investor, karyawan, dan masyarakat.

Fokus masa depan dan hasil

Kami berfokus pada hasil dan masa depan. Hal ini juga menciptakan dasar yang kuat bagi inisiatif sosial perusahaan dan yayasan.

Tanggung jawab dan keberlanjutan

Kami bertindak bijaksana dan bertanggung jawab demi kepentingan masyarakat dan lingkungan.

Inisiatif dan tekad

Kami bertindak atas inisiatif kami sendiri, mengambil tanggung jawab perusahaan, dan mengejar tujuan kami dengan tekad yang penuh.

Keterbukaan dan kepercayaan

Kami bekerja dan berkolaborasi dengan saling percaya dan berkomunikasi secara terbuka.

Keadilan dan rasa hormat

Kami bersikap adil dan penuh hormat terhadap kolega dan mitra bisnis kami, dan hal ini adalah landasan kesuksesan perusahaan kami.

Keandalan, kredibilitas, legalitas

Kami hanya menjanjikan apa yang dapat kami berikan, menerima perjanjian sebagai sesuatu yang mengikat, dan menghormati serta mematuhi hukum dalam setiap transaksi bisnis kami.

Keberagaman, kesetaraan, dan inklusi

Kami menghargai dan menganjurkan adanya keberagaman, kesetaraan, dan inklusivitas, serta melihat hal ini sebagai hal penting bagi keberhasilan kami.

Gambar Robert Bosch

Dalam jangka panjang, pendekatan yang jujur dan adil dalam berbisnis akan selalu menjadi yang paling menguntungkan.

Robert Bosch, 1921
Sekelompok orang berinteraksi di sekitar slogan “Be #LikeABosch”.

Be #LikeABosch

Semua tindakan kami didefinisikan oleh satu tujuan tunggal: “Teknologi untuk kehidupan”. Tujuan ini memberi makna bagi keberadaan kami dan menginspirasi kami untuk menciptakan solusi yang memicu antusiasme, meningkatkan kualitas hidup, dan membantu melestarikan sumber daya alam. Pernyataan misi kami “Be #LikeABosch” menggambarkan komitmen, strategi, dan cara kami, yang menunjukkan bagaimana kami bertindak dalam mencapai tujuan kami. Kami bertindak berdasarkan nilai-nilai inti kami, yang telah membentuk budaya perusahaan kami selama beberapa dekade.

Kepatuhan — bahkan melampaui batas perusahaan

Kepatuhan mengacu pada kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan pedoman perusahaan. Di Bosch, ini adalah bagian integral dari nilai-nilai perusahaan kami. Untuk tujuan ini, kami dengan tegas mendefinisikan posisi kami tentang persyaratan hukum dan masalah etika dalam Kode Etik Bisnis kami yang berlaku secara global. Bersama dengan nilai-nilai Bosch, ini memberikan landasan yang kami yakini sebagai kunci kesuksesan Bosch dalam bisnis. Dan karena perilaku yang bertanggung jawab dan sah menurut hukum penting di luar batas-batas perusahaan, kami telah merumuskan harapan kami terhadap mitra bisnis kami dalam kode etik yang sesuai.

Dr. Stefan Hartung
Dr Stefan Hartung, ketua dewan manajemen
Kode Etik Bisnis

Kode Etik Bisnis

Kode Etik Mitra Bisnis

Kode Etik Mitra Bisnis

Sistem manajemen kepatuhan di seluruh perusahaan

Sistem manajemen kepatuhan Bosch menyediakan kerangka kerja yang mengikat di seluruh dunia untuk mempromosikan perilaku yang patuh dan berfungsi untuk mengurangi risiko kepatuhan. Ini memberikan dasar untuk implementasi yang efektif dari persyaratan eksternal dan internal dan mendefinisikan persyaratan minimum untuk proses yang relevan dengan kepatuhan. Ini termasuk berbagai tindakan pencegahan dan pengendalian serta sistem whistleblower internal Bosch. Rekanan, mitra bisnis, dan pihak ketiga dapat menggunakan sistem ini kapan saja untuk melaporkan ketidakpatuhan, secara anonim jika mereka mau.

Pertanyaan yang sering diajukan

Komplians berarti mematuhi undang-undang dan peraturan perusahaan. Dengan kata lain, semua aktivitas bisnis Grup Bosch dan karyawannya harus mematuhi semua persyaratan hukum, Kode Etik Bisnis, dan semua pedoman dan arahan utama yang berlaku yang terkait dengan topik ini dalam setiap cara (“prinsip komplians”).

Topik komplians adalah topik yang menyangkut seluruh karyawan, karena setiap orang terpengaruh — secara langsung atau tidak langsung — oleh pelanggaran: di satu sisi, pelanggaran hukum dapat menyebabkan tuntutan pidana, tergantung pada keseriusan kasusnya. Di sisi lain, pelanggaran prinsip komplians dapat menyebabkan kerugian keuangan perusahaan, serta merusak reputasinya. Hasilnya adalah penurunan efisiensi bisnis perusahaan, dan juga keberhasilannya. Komplians juga menyangkut hubungan bisnis antara Bosch dan pihak ketiga: Bosch tidak ingin terlibat dalam pelanggaran prinsip komplians oleh pihak lain.

Kami mempercayakan seluruh karyawan untuk melaporkan kemungkinan pelanggaran prinsip komplians, dan dengan cara ini membantu membatasi konsekuensi dari pelanggaran tersebut dan mencegah pelanggaran serupa terjadi di masa depan. Hal ini juga berlaku untuk mitra bisnis dan pihak ketiga.

• Setiap karyawan, termasuk karyawan magang dan mahasiswa Ph.D

• Orang yang dipekerjakan secara eksternal seperti pekerja subkontrak atau karyawan yang bekerja untuk penyedia layanan eksternal

• Setiap mitra bisnis, seperti pemasok, pelanggan, atau mitra usaha patungan

• Pihak ketiga mana pun"

Penting untuk melaporkan hal-hal yang mengindikasikan tindak pidana telah dilakukan — seperti pencurian, penipuan, atau penyuapan — atau bahwa telah terjadi pelanggaran sistematis terhadap hukum atau peraturan internal perusahaan, seperti ketidakpatuhan yang disengaja dan berkelanjutan. dengan standar kualitas atau keamanan atau dengan Pedoman Perilaku Bisnis.

Ya. Petugas komplians bertanggung jawab untuk melakukan investigasi, mengumpulkan bukti yang akan diajukan di pengadilan, dan melakukan proses apa pun yang mungkin diperlukan. Mereka menerima dukungan dari para ahli di departemen spesialis yang memiliki pelatihan yang diperlukan dan otoritas yang relevan.

Orang-orang yang melaporkan kemungkinan masalah komplians dengan pengetahuan terbaik mereka dan dengan itikad baik tidak perlu takut dirugikan oleh perusahaan sebagai akibat dari tindakan mereka.

Ya, laporan dapat dikirimkan secara anonim melalui hotline kepatuhan Bosch. Dimungkinkan untuk mengatur kotak surat aman dalam hotline untuk berinteraksi secara anonim dengan petugas kepatuhan yang bertanggung jawab.

Petugas kepatuhan bertanggung jawab untuk meluncurkan penyelidikan atas pelanggaran yang dilaporkan dan memastikan masalah tersebut diselesaikan dengan benar (jika perlu dengan dukungan departemen spesialis Bosch atau spesialis eksternal).

Setiap laporan kemungkinan pelanggaran serta tindakan yang diambil selanjutnya harus didokumentasikan oleh petugas kepatuhan. Dengan mempertimbangkan kepentingan sah dari pihak-pihak yang terlibat, orang yang melaporkan masalah tersebut dapat menanyakan tentang status penyelidikan. Jika penyelidikan atas suatu masalah dihentikan karena tidak ditemukan pelanggaran yang relevan, individu yang bersangkutan akan diberi tahu, asalkan mereka diminta untuk memberikan komentar selama penyelidikan atau meminta informasi tersebut.

Setiap laporan tentang kemungkinan pelanggaran kepatuhan biasanya akan melibatkan pengungkapan data pribadi. Oleh karena itu, penerimaan dan pemrosesan laporan semacam itu mengharuskan orang yang membuat laporan mengonfirmasi bahwa mereka telah diberi tahu tentang hak-hak mereka berdasarkan undang-undang privasi data, dan menyetujui penggunaan data pribadi mereka selama penyelidikan masalah kepatuhan. Dalam kasus laporan yang dikirimkan secara anonim, ini tidak berlaku.

Hubungi Bosch

Kami menantikan pertanyaan Anda.

Telepon

Kirimkan pesan kepada kami